Cara Alami Obati Sakit Radang Tenggorokan
Cara Alami Obati Sakit Radang Tenggorokan

Cara Alami Obati Sakit Radang Tenggorokan

- +

Tahukah Anda apa penyebab radang tenggorokan? Radang tenggorokan atau faringitis sebenarnya merupakan efek dari penyakit lainnya seperti flu atau demam. Penyakit tersebut menyebabkan pembengkakan pada bagian belakang tenggorokan dan disebut sebagai faring.

Radang tenggorokan memang termasuk penyakit yang sangat umum dialami oleh berbagai kalangan, baik anak kecil maupun orang dewasa dan lansia. Namun biasanya anak di usia 5 hingga 15 tahun yang paling sering mengalami radang tenggorokan. Faringitis ini terjadi biasanya disebabkan infeksi bakteri yang disebut dengan nama streptococcus. Gejala dari radang tenggorokan biasanya sangat mudah dikenali, misalnya saja adanya rasa mengganjal pada tenggorokan dan susah untuk menelan makanan.

Radang tenggorokan juga biasanya disertai dengan demam ringan dan sakit kepala. Saat radang tenggorokan semakin parah, penderita biasanya juga akan mengalami nyeri sendi dan merasa meriang. Untuk radang tenggorokan yang datang bersamaan dengan flu, gejala yang sering muncul adalah bersih, batuk, dan sakit kepala ringan. Beberapa orang juga akan mengalami nafsu makan yang menurun dan terjadi pembengkakan amandel.

Biasanya, radang tenggorokan ini akan sembuh dengan sendirinya saat peradangan pada tenggorokan mengempes. Namun jika sampai satu minggu tak ada tanda kondisi tenggorokan membaik, maka Anda perlu segera ke dokter. Beberapa tanda lain dari radang tenggorokan yang cukup parah adalah adanya kesulitan bernapas dan terdapat darah di dalam air liur. Kemudian pada kondisi yang sangat parah, demam akan mencapai 39 derajat celcius dengan munculnya benjolan di daerah leher.

Dalam beberapa kasus, radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh alergi terhadap bulu hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, alergi jamur, atau juga alergi debu. Kemudian kondisi udara yang terlalu pengap dan penuh polusi juga bisa memicu timbulnya radang tenggorokan. Berbicara terlalu keras atau berteriak terlalu sering juga bisa menimbulkan ketegangan otot pada tenggorokan sehingga terjadi peradangan. Selain itu, adanya penyakit GERD atau peningkatan asam lambung juga bisa menyebabkan radang tenggorokan yang mengganggu.

Selain dengan mengunjungi dokter, ada juga beberapa obat radang tenggorokan yang bisa Anda coba di rumah seperti berikut ini:

Air Garam

Obat sakit tenggorokan yang pertama adalah air garam. Ya, Anda tinggal melarutkan garam ke dalam segelas air kemudian menggunakannya untuk berkumur. Air garam ini berfungsi untuk membunuh bakteri yang menyebabkan peradangan. Tapi ingatlah untuk tidak menelan air garam ini, ya.

Teh Lemon Madu

Obat alami radang tenggorokan ini juga bisa dengan mudah didapatkan di rumah, kan? Anda tinggal menyeduh lemon tea dengan madu yang bisa membantu menghilangkan lendir di dalam tenggorokan. Sedangkan kandungan vitamin C di dalam lemon bermanfaat untuk memaksimalkan imunitas tubuh sehingga bisa melawan virus penyebab radang tenggorokan dengan lebih mudah.

Susu Kunyit

Mendengar obat alami ini mungkin Anda akan merasa aneh, ya. Tapi percayalah kalau segelas susu hangat yang dicampur dengan sejumput kunyit bubuk sangat berkhasiat untuk mengobati radang tenggorokan. Di dalam kunyit terkandung zat yang bisa mengurangi peradangan pada tenggorokan sehingga bisa menghilangkan rasa sakit dan nyeri.

Bawang Putih Mentah

Salah satu obat alami yang juga sangat ampuh mengatasi radang tenggorokan adalah bawang putih mentah. Anda bisa mengunyah sebutir bawang putih beberapa kali dalam sehari. Bawang putih ini memiliki kandungan antibiotik yang bisa membantu menyembuhkan radang tenggorokan.

Nah, selain mengonsumsi obat radang tenggorokan, Anda juga perlu sekali memperhatikan makanan dan minuman apa saja yang dikonsumsi. Sebab makanan dan minuman ini melewati tenggorokan sehingga berperan penting untuk membantu menyembuhkan peradangan.

Air Putih

Penting sekali mengonsumsi air putih selama tenggorokan mengalami peradangan. Air putih ini berfungsi untuk membersihkan lendir, meredakan rasa nyeri, dan menjaga kelembapan di dalam tenggorokan sehingga Anda akan lebih cepat sembuh. Anda bisa mengonsumsi air putih hangat untuk membantu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

Pisang

Untuk Anda yang ingin makan buah selama radang tenggorokan, pisang adalah pilihan terbaik. Sebab di dalam pisang terkandung kalium dan potasium yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu saja, pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga terasa mudah ditelah pada tenggorokan yang sedang mengalami peradangan. Pisang juga bisa diolah dengan dikukus atau dipanggang, namun jangan digoreng karena minyaknya akan memperparah radang tenggorokan.

Olahan Telur

Telur mungkin menjadi salah satu olahan favorit di rumah ya. Anda bisa memasak telur menjadi orak-arik yang lembut dengan campuran mentega. Telur yang lembut ini akan mudah disantap dan tidak terasa mengganjal pada tenggorokan. Telur juga kaya akan protein yang baik untuk kesehatan dan bisa membantu mempercepat penyembuhan akibat radang tenggorokan.

Tumis Sayuran

Kalau Anda sedang radang tenggorokan, sebaiknya hindari makanan yang terlalu tinggi minyak seperti gorengan. Tapi perbanyaklah sayuran yang dimasak dengan proses tepat. Tumisan sayuran merupakan salah satu menu terbaik karena sayuran dimasak tidak terlalu lama sehingga kandungan nutrisinya masih sangat terjaga. Beberapa jenis sayuran yang cocok dijadikan tumisan adalah wortel, buncis, kubis, kacang panjang, dan kentang.

Peppermint Tea

Selama radang tenggorokan, sebisa mungkin hindari konsumsi minuman berkarbonasi. Kalau Anda ingin sesuatu yang menyegarkan, bisa mencoba peppermint tea. Rasa teh yang khas dipadu dengan sensasi dingin dan minty dari peppermint bisa membantu melegakan tenggorokan. Minuman ini boleh dikonsumsi dalam kondisi dingin ataupun panas.

Mulai saat ini, cobalah untuk menjaga kondisi kesehatan dengan memperhatikan gaya hidup dan asupan pola makan. Segera periksakan diri ke dokter dan konsumsi obat secara teratur.

Diperbarui
Tambahkan Komentar
Cara Alami Obati Sakit Radang Tenggorokan

Cara Alami Obati Sakit Radang Tenggorokan